Fakta menarik seputar asian games 2018

Jakarta , TN News –  Terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah penyelenggara pastinya merupakan hal yang mengejutkan sekaligus  hal yang membanggakan , karena ini kali kedua bagi indonesia menjadi tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi di asia . Segala persiapan terus dilakukan dalam dua tahun terakhir  oleh pemerintah berserta inasgoc  hingga saat demi bisa maksimal mengakomodir segala kebutuhan selama masa pertandingan Mulai dari membangun dan membenahi berbagai venue olahraga, transportasi, hingga penginapan demi mengakomodir para atlet dan tamu penting lainya .

Para atlet indonesia  juga terus berlatih hingga menggelar trainning center demi memperebutkan medali  untuk Indonesia. Sementara semangat meriahnya asian games juga menjalar kepada  para fans atau masyarakat indonesia sangat antusias dalam menyambut asian games ke 18 yang kali ini diselenggarakan di indonesia , hal ini ditunjukan sebagai totalitas dalam memeriahkan dan menyukseskan perhelatan akbar olahraga bergensi asia ini hingga tagline #asiangames2018 viral dan menjadi trending topik dibeberapa media sosial

namun ada beberapa fakta menarik seputar asian games 2018 , wah apa aja ya fakta menariknya ? yuk simak beberapa info berikut:

1. tiga maskot dalam  sejarah asian games 2018

source : pinterest

 

perhelatan asian games kali ini semakin meriah karena dalam sepanjang perhelatan asian games menggunakan tiga maskot , ketiga maskot ini  mempunyai nama yang unik nan lucu yaitu  bhin bhin kaka athung yang bisa juga diartikan sebagai bhineka tunggal ika . merekapun juga memiliki arti tersendiri dan memakai kain khas yang mewakili beberapa daerah

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategy atau tactics yang para atlet dalam berlaga di asian games 2018  . Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Sementara Kaka adalah badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan, dengan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang.

maskot terakhir, Atung adalah seekor rusa bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung juga memakai sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

2. bersatunya korea utara dan  korea selatan dalam satu bendera

source : beritasatu.com

fakta kali ini adalah satu hal yang cukup mengejutkan berbagai pihak tak terkecuali penonton dan awak media yang hadir dalam acara pembukaan asian games 2018 di jakarta,  pasalnya dua negara ini termasuk tetangga yang sering bersiteru dalam berbagai hal hingga mereka sulit berdamai meski satu rumpun contohnya mereka menolak samsung galaxy S7 edge versi asian games 2014 lalu karena  produk korea dan haram untuk menerimanya . namun kali ini diajang asian games 2018 mereka akrab dan bersatu dalam satu bendera yaitu korea , patut dicontoh nih !

  3. Vietnam seharusnya jadi tuan rumah Asian Games 2018 

source : pinterest

kalian tau ga? kalau awalnya Vietnam-lah yang seharusnya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Hanoi, Vietnam terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Surabaya dan Dubai pada pemungutan suara di tahun 2012. Namun di tahun 2014, Vietnam mengundurkan diri dan Olympic Council of Asia (OCA) kemudian memilih Indonesia sebagai pengganti.

4.Dari Surabaya, Pindah ke Jakarta dan Palembang

source : pinterest

 

Pada awalnya , Indonesia mengajukan kota Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. Di tahun 2012, Surabaya menempati peringkat kedua setelah Hanoi dengan total dukungan 19 suara. Setelah Hanoi mundur, OCA pun menunjuk Surabaya sebagai kota pengganti.

Namun, Surabaya akhirnya memutuskan mengundurkan diri karena telah terpilih menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Ibu kota Jakarta menjadi pengganti karena memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, jaringan transportasi yang memadai, dan fasilitas penunjang lain seperti hotel dan penginapan untuk para atlet dan tamu negara. Sementara Palembang juga ditunjuk sebagai kota pendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

5.Pertama sepanjang sejarah asian games  diselenggarakan dua kota

source : pinterest

pertama kali dalam sejarah  gelaran asian games diadakan di dua kota berbeda, maka hal ini juga menjadi salah satu fakta unik Asian Games  ke 18 . Jakarta kembali menjadi tuan rumah  untuk kedua kalinya  setelah terakhir kali menyelenggarakan Asian Games tahun 1962. Sementara, ini akan menjadi ajang Asian Games pertama bagi Palembang.

Walaupun sebagian besar pertandingan akan diadakan di Jakarta dan Palembang, beberapa venue di kota lain juga akan digunakan, seperti Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Pakansari di Bogor, hingga Bendung Rentang di Majalengka. namun sebagai venue  pembuka gelaran asian games ke 18 ini dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.