Sejarah

Iwan Darmawansyah, SE, MM, Ak, CA

Ketua STIE-TN

Pada Saat krisis ekonomi terjadi, STIE Tunas Nusantara (STIE-TN) berdiri. Tepatnya tanggal 1 September 1998 di Jakarta. Adapaun Badan Pendiri/Pembina STIE-TN adalah Yayasan Pengembangan Tunas Nusantara, dan tokoh pendiri yang aktif sampai sekarang adalah H. Zakir Boneh, Drs, MM. Beliau dikenal sebagai tokoh yang lama aktif di dunia birokrasi pendidikan tinggi, tepatnya selaku Kepala Bagian Kepegawaian Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Selain mengelola perguruan tinggi di Jakarta, beliau juga selaku pembina berbagai perguruan tinggi di tanah kelahirannya, di kota Padang. Tercatat STISIP Padang dan Akademi Perpajakan.

Berdasarkan pengalaman dan harapan yang besar untuk memajukan dunia pendidikan khususnya dan mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya, beliau mempercayakan pengelolaan penyelenggaraan STIE-TN kepada Dosen-dosen muda yang potensial.

TAHAP PERJUANGAN (1998-2002)

Situasi krisis ekonomi sejak awal berdiri sampai sekarang, menjadikan STIE-TN berjalan perlahan-lahan. Perjalanan STIE-TN yang nampak lambat karena dilatar belakangi beberapa hal :

  1. Lahir ditengah-tengah situasi Politik yang tidak kondusif

  2. Trend bidang ekonomi sedang turun

  3. Gedung Kampus “LAMA” yang sempit dan kurang representatif

  4. Orientasi pada keunggulan PROGRAM bukan pada HARGA

  5. Tidak responsif terhadap permintaan kuliah Instan

Pada tahapan ini manajemen STIE-TN banyak melakukan uji berbagai strategi jitu pada berbagai bidang seperti akademik, personalia, kemahasiswaan maupun kerjasama antar lembaga. Dari berbagai kajian dan ujian strategi dan program kerja, maka lahirlah jalan menuju upaya membangun kejayaan STIE-TN melalui penetapan STIE-TN menjadi KampusNYA “Rakyat” (2001).

TAHAP KONSOLIDASI (2003 – 2007)

Pekerjaan besar pada awal 2001 dan diperkuat tahun 2005, bagaimana mengembangkan STIE-TN sebagai kampus yang dikenal sebagai Kampus BEASISWA dan Kampus WIRAUSAHA kepada masyarakat. Untuk memperkokoh Visi perlu dibuat motto yang harus dipegang sivitas akademika. Motto dimaksud adalah “Kuliah dengan Beasiswa dan Lulus menjadi WIRAUSAHA“.

Pekerjaan besar ini perlu diwujudkan dan dilanjutkan di waktu mendatang di kampus BARU di Jalan Budhi No 21 Dewi Sartika Cawang Jakarta Timur.

Pada tahapan ini STIE-TN perlu melakukan berbagai upaya konsolidasi sumberdaya yang terlibat berjuang membangun kejayaan kampus STIE-TN. Perubahan pada tahapan ini diawali dengan perubahan paradigma Sistem Informasi, yaitu migrasi total OS licences menjadi OS Opensource. Diiringi perubahan paradigma baru institusi dan paradigma SDM yang meliputi Pimpinan, karyawan, Dosen dan Mahasiswa. Pelaksanaan konsolidasi ini STIE-TN secara cerdas menggandeng mitra kerja dari pihak OUTSOURCE untuk melakukan berbagai upaya percepatan fungsi dan tugas di berbagai lini organisasi. Diharapkan dapat mewujudkan peningkatan produktifitas dan etos kerja manajemen dan para dosen STIE-TN.

Ciri-ciri sosok SDM yang memiliki wawasan dan jiwa paradigma baru :

  • Bekerja untuk IBADAH

  • Spirit WIRAUSAHA

  • Inovasi GLOBAL

  • Pribadi NASIONALIS.

TAHAP INOVASI (2010 – 2018)

Setelah paradigma baru tertanam kuat di Jiwa segenap pimpinan, staf dan dosen serta mampu mengimplementasikannya dalam menjalankan fungsi dan tugas secara efektif dan produktif. Selajutnya perlu diupayakan berbagai langkah inovasi.

Ada dua hal yang mendasar pada tahapan ini, yaitu terobosan inovasi bagaimana mempertahankan program lama dan terobosan inovasi bagaimana melahirkan program yang baru. Dengan demikian diharapkan penguasaan pasar sekurang-kurangnya tidak menurun bahkan justru meningkat melalui inovasi atas poduk baru.

Tahap Pertumbuhan Pertama (Thn 2009-2010)

Langkah-langkah inovasi program dan institusi perlu dilanjutkan dengan berbagai upaya perluasan kegiatan. Adapun langkah-langkah yang akan diambil adalah

  • Pembangunan Kampus tahap ke II

  • Pendirian Program yang bercirikan Cyber Business Campus.

  • Pada tahapan ini digalakkan pembangunan baik phisik dan non phisik seiring dengan mulai dikenalnya eksistensi STIE-TN di kalangan dunia pendidikan

TAHAP TRANSFORMASI (2009 – 2020)

Pada tahapan ini berbagai upaya yang diambil sebelumnya diharapkan mampu membangun persepsi yang kuat di kalangan masyarakat Bahwa STIE-TN adalah pelopor Kampus BEASISWA dan Kampus WIRAUSAHA. “KULIAH DENGAN BEASISWA SEGERA MENJADI WIRAUSAHA”. STIE-TN dalam menyelenggarakan strategi proses pendidikannya diharapkan dapat mewujudkan konsep Link and Match, yaitu memperhatikan kebutuhan pembangunan SDM (supply-demand).